Unigha

Lambang
Tanggal: 22 07:40:37-11-2017 , Penulis : Administrator
Kategori: Artikel



Universitas Jabal Ghafur memiliki lambang resmi berupa “Reuhai” (rehal), bungong awan-awan, bungong campli, bungong tunjong dan lingkaran bulat bergerigi.

a)  “ Reuhai” berbentuk tiga garis lengkung ke kiri dan ke kanan di atas garis lurus. Reuhai ini me1ambangkan kitab yang sedang terbuka. Jum1ah garis 1engkung enam buah melambangkan angka enam ribu enam ratus enam puluh enam jumlah ayat suci Al Qur'an.

b)  “Bungong awan-awan, bunga bagian pertama yang ter1etak di atas reuhai, melambangkan ketinggian cita-cita.

c)  “Bungong campli”, bunga bagian kedua yang terletak di atas bungong awan-awan melambangkan kekhasan daerah Pidie. Ujung bungong camp1i yang berbentuk tombak, yang runcing, melambangkan tekad bulat untuk maju kedepan. Sedangkan bungong campli yang berangkai tiga, melambangkan keistimewaan Aceh dalam bidang pendidikan, agama dan adat.

d)  “Bungong tanjong”, merupakan gabungan antara bungong awan-awan dengan bungong campIi, yang melambangkan ke­ sucian, kemurnian dan kehalusan budi pekerti masyarakat Aceh.

e)  Bungong tunjong yang keluar dari kitab terbuka, melambangkan api ilmu pengetahuan yang dilandasi oleh agama dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa.

f) “Lingkaran bulat dengan gerigi sepuluh”, melambangkan sifat universalnya Universitas Jabal Ghafur dalam menerima ilmu pengetahuan dan pengabdiannya kepada ummat ma­nusia. Lima gerigi ke luar dan ke dalam, me1ambangkan pengabdian dan keterbukaannya da1am menerima ilmu pengetahuan harus disesuaikan dengan dasar negara Pancasila.

Warna dasar kuning, bungong tunjong merah, reuhai dan tulisan berwarna hitam, melambangkan kebesaran, keberanian serta keteguhan Universitas Jabal Ghafur dalam pengabdiannya terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Secara keseluruhan arti lambang Universitas Jabal Ghafur ini bearti, menggali apinya ilmu pengetahuan berlandaskan sikap keagamaan yang didasar tekad untuk maju ke depan mencapai masyarakat yang sejahtera lahir dan batin dalam keredhaan Allah Subhanahu Wa Taala.

Universitas Jabal Ghafur memiliki pataka, Pataka Universitas Jabal Gharur, dipakai dalam ruang upa­cara resmi kebesaran Universitas Jabal Ghafur, mendampingi Sang Saka Merah Putih yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

a)  Warna dasar biru muda;

b)  Perbandingan ukuran panjang dan lebar pataka adalah 4 : 3.

c)  Lambang Universitas Jabal Ghafur tergambar di tengah-tengah pataka;

d)  Pinggir pataka diberi rumbai-rumbai berwarna kuning

Universitas Jabal Ghafur dan fakultas-fakultasnya memiliki bendera yang identitas-nya dilambangkan oleh warna dasar, warna bingkai, tulisan dan lambang yang terletak di tengah tengah bendera.Bendera universitas mempunyai warna dasar biru muda, di tengah-tengahnya memuat lambang Universitas Jabal Ghafur, serta diberi bingkai warna kuning. Perbandingan panjang dan lebar bendera universitas adalah 3 : 2

Universitas Jabal Ghafur, memiliki hymne yaitu : Hymne Universitas Jabal Ghafur, yang  lagu dan syairnya digubah oleh Eros Jarot. Di samping itu Universitas Jabal Ghafur juga memiliki Lagu Mars yaitu Mars Jabal Ghafur, yang lagunya digubah oleh Idris ZZ dan syairnya diciptakan oleh Syamsarif Ahmad.

#LPM