Unigha

UPT LABORATORIUM MIPA


Tanggal: 23 07:53:39-11-2017 , Penulis : Administrator
Kategori: Fasilitas

Laboratorium MIPA di lingkungan Universitas Jabal Ghafur sebagai Laboratorium Sentral yang berfungsi memberikan pelayanan praktikum bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, dan prodi Agroteknologi, Fungsi utama Laboratorium MIPA Universitas Jabal Ghafur  adalah melaksanakan layanan pendidikan, penelitian dan riset bidang MIPA, serta dalam rangka meningkatkan kualitas hasil pembelajaran dan riset unggulan yang dibutuhkan oleh masyarakat luas, terutama dalam pengembangan Tekhnologi dan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan.

UPT Laboratorium MIPA didukung dengan peralatan dan fasilitas yang lengkap.pada saat melaksanakan Praktikum di Laboratorium MIPA, mahasiswa di pandu oleh Laboran, Laboran bertugas  memfasilitasi setiap kegiatan laboratorium di laboratorium MIPA yang dilaksanakan sesuai dengan program dan tujuan penyelenggaraan laboratorium; menyiapkan alat dan bahan yang  diperlukan untuk kegiatanpraktikum;  memberikan pelayanan kepada dosen dan praktikan selama kegiatan praktikum berlangsung; melakukan inventarisasi dan adminitrasi alat, bahan,  dan fasilitas; bertanggung jawab terhadap keamanan, keselamatan, kebersihan dan keindahan lab; serta bertanggung jawab terhadap perawatan sarana dan prasarana.

UPT Laboratorium MIPA Unigha sebagai tempat Praktikum mahasiswa yang bisa membangkitkan motivasi belajar sains. Melalui kegiatan laboratorium, mahasiswa diberi kesempatan untuk memenuhi dorongan rasa ingin tahu dan ingin bisa. Prinsip ini akan menunjang kegiatan praktikum di mana siswa menemukan pengetahuan melalui eksplorasi. dan juga Praktikum mengembangkan keterampilan dasar melakukan eksperimen. Kegiatan eksperimen merupakan aktivitas yang banyak dilakukan oleh ilmuwan. Untuk melakukan eksperimen diperlukan beberapa keterampilan dasar seperti mengamati, mengestimasi, mengukur, membandingkan, memanipulasi peralatan laboratorium, dan ketrampilan sains lainnya. Dengan adanya kegiatan praktikum di laboratorium MIPA Universitas Jabal Ghafur akan melatih mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan bereksperimen dengan melatih kemampuan mereka dalam mengobservasi dengan cermat, mengukur secara akurat dengan alat ukur yang sederhana atau lebih canggih, menggunakan dan menangani alat secara aman, merancang, melakukan dan menginterpretasikan eksperimendan juga Praktikum menjadi wahana belajar pendekatan ilmiah.