Unigha

3 HMJ LAKSANAKAN OLIMPIADE MIPA TINGKAT SMP/MTs, SMA/SMK/MA


Tanggal: 25 07:27:33-11-2017 , Penulis : Administrator
Kategori: Berita

Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMBIO), Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFIS) Dan Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMMAT) Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Universitas Jabal Ghafur kembali mengadakan olimpiade MIPA tingkat SMP/MTs, SMA/MA/SMK se Pidie & Pidie Jaya yang sudah menjadi agenda tahunannya. Pada olimpiade MIPA  kali ini mengangkat tema tentang “ Mahakarya MIPA untuk Tekhnologi anak bangsa yang berjiwa kompettitif menuju generasi emas”. Adapun kategori lomba yang diadakan kali ini yaitu Mata Pelajaran Biologi, Mata Pelajaran Fisika, dan Mata Pelajaran Matematika, kegiatan ini dilaksanakan di gedung Lee guna Universitas Jabal Ghafur, (18/11/2017).

Zufahmi, S.Pd., M.Si yang mewakili Ka Prodi dalam sambutannya berharap, kegiatan yang bersifat perlombaan ini bisa membangkitkan motivasi para siswa di kabupaten Pidie & Pidie Jaya, khususnya dalam bidang ilmu Biologi, Fisika & Matematika tersebut.“Karena olimpiade yang sama juga diperlombakan Kopertis XIII setiap tahunnya bahkan hingga ke tingkat nasional dan internasional. Kami berharap, olimpiade ini bisa menjadi ajang latihan bagi peserta siswa SMP/MTs dan SMA/SMK/MA, untuk bisa menembus ke tingkat nasional bahkan internasional,” ujarnya. Dia juga berharap, olimpiade yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh organisasi kampus itu, memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan ilmu Pengetahuan serta menajdi ajang pengembangan diri bagi mahasiswa pelaksana Olimpiade MIPA.

Acara Olimpiade MIPA tersbut di buka langsung oleh rektor Universitas Jabal Ghafur Drs. Sulaiman Usman, M.Pd, dalam sambutannya Rektor berharap perlombaan Olimpiade MIPA tersebut dapat meningkatkan silaturrahmi antara Universitas Jabal Ghafur dengan sekolah di kabupaten pidie & Pidie Jaya, Olimpiade MIPA tersebut untuk bisa melahirkan Bibit unggul yang bisa bersaing dalam olimpiade MIPA tingkat Nasional dan internasional, di sela-sela sambutannya Rektor Menegaskan bahwa Unigha siap menampung siswa-siswi SMA/SMK/MA yang berprestasi untuk melanjutkan kuliah di Universitas Jabal Ghafur dengan pemberian Beasiswa Bidik Misi.

Pantia pelaksana menegaskan Lomba yang digelar itu adalah untuk menggali potensi-potensi yang ada pada siswa SMA yang ada di Pidie & Pidie Jaya ini. "Sekaligus kami ingin memetakan mutu pendidikan yang ada di masing-masing kabupaten Pidie & Pidie Jaya sekarang ini. Kemudian juga untuk mempersiapkan para siswa itu menghadapi ujian naik kelas dan UN.

Adapun Pemenang Pada Olimpiade MIPA yang di umumkan oleh Ketua Dewan Juri Muhammad Saiful, M.Pd sebagai berikut :

 

 JUARA TINGKAT SMA/SMK/MA

1.       MATA PELAJARAN BIOLOGI

JUARA

NAMA

ASAL SEKOLAH

1

Ayu Nazila

MAN 1 Pidie

2

Ayu Rafita

SMAN 1 Delima

3

Maiyuni

SMAN 1 Keumala

 

2.       MATA PELAJARAN MATEMATIKA

JUARA

NAMA

ASAL SEKOLAH

1

Sidratul Nur

SMAN 1 Sigli

2

Putri Tarisya

SMAN 3 Unggul Sigli

3

Arif Pratama

MAS Jeumala Amal

 

3.       MATA PELAJARAN FISIKA

JUARA

NAMA

ASAL SEKOLAH

1

Alfi Syahril

MAS Jeumala Amal

2

Hakim Smarullah

SMAN 3 Unggul Sigli

3

Yurico Azi Utari

MAN 2 Pidie

 

 

JUARA TINGKAT SMP/MTs

1.       MATA PELAJARAN BIOLOGI

JUARA

NAMA

ASAL SEKOLAH

1

Khalil Gibral

SMP Unggul Sigli

2

M.Arif Tona

SMPS YPPU Sigli

3

Arif Lazunni

SMP Unggul Sigli

 

2.       MATA PELAJARAN MATEMATIKA

JUARA

NAMA

ASAL SEKOLAH

1

Kahirul Ikhsan

SMP Unggul Sigli

2

M.Husaini Al- Farazi

MTsS Jeumala Amal

3

Zainuri Ikhsan

SMP Unggul Sigli

 

3.       MATA PELAJARAN FISIKA

JUARA

NAMA

ASAL SEKOLAH

1

Arkan Riva

SMPS YPPU Sigli

2

Muhammad Jauhar Fadhil

SMPS YPPU Sigli

3

Fonna Miftahul Jannah

SMPN 2 Sigli