Unigha

PERINGATI MAULID, UNIGHA BERBAGI BERSAMA ANAK YATIM


Tanggal: 22 09:39:06-12-2017 , Penulis : Administrator
Kategori: Berita

Sivitas Akademika Universitas Jabal Ghafur pada hari kamis 21 Desember 2017 menggelar acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1439 H/2017 M, di Gedung Lee Guna.

Kegiatan yang bertemakan ‘Akhlak Rasulullah SAW sebagai Spirit dalam mewujudkan Tridharma perguruan Tinggi, Sebagai penceramah peringatan Maulid adalah Tgk Asnawi dari Arakundoe Aceh Timur, kegiatan itu juga dihadiri Muspida Kabupaten Pidie, Muspika Indrajaya & Mila, Imum Mukim, Keuchik, Pimpinan Bank OKP/Ormas, Mahasiswa KKN serta para tamu undangan lainnya.

Rektor Universitas Jabal Ghafur Drs. Sulaiman Usman, M.Pd dalam sambutannya  menyampaikan terimakasih kepada Wakil Rektor, Dekan, Ka.Prodi, Dosen Yayasan, Karyawan, Mahasiswa KKN, serta seluruh Sivitas Akademika yang terlibat langsung dalam pelaksanaan Maulid Akbar & santunan anak yatim, juga kepada pihak yang telah menyumbang Kenduri Maulid, semoga Amal Baik ini mendapat Balasan dari Allah SWT. Imbuhnya.

Kegiatan Maulid ini juga dirangkai dengan kegiatan santunan anak yatim, anak yatim yang disantuni merupakan anak yatim yang berada di seputaran kampus Jabal Ghafur sebanyak 61 Orang, setiap anak yatim mendapat uang santunan dan kain sarung ujar ketua panitia pelaksana Maulid Suhaibah, SH., MH yang juga Dekan Fakultas Hukum.

Dalam ceramahnya Tgk Asnawi memberikan motivasi agar peringatan Maulid ini semata2 karena perintah Allah, Cinta kepada nabi Muhammad SAW, dengan mencontoh dan mengikuti Perilaku dan Akhlak Rasulullah SAW, Rasulullah SAW adalah sosok manusia yang patut kita teladani. Kepribadiannya amatlah luhur. Beliaulah figur ummat.pembawa syafa’at hingga akhir kiamat. Tak bisa dipungkiri, dengan memakan waktu yang cukup singkat beliau bisa membawa agama Islam jaya. Itu semua tidak lain hanya dikarenakan beliau mempunyai kegigihan serta semangat yang tinggi dalam menjalankan tugas dari Allah, juga beliau mempunyai akhlak yang terpuji. Beliaulah sosok manusia sempurna dan dicintai Allah.

Untuk Meneladani Nabi Muhammad SAW perlu kita harus mengetahui Sifat-sifat beliau.sifat-sifat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW dan para rasul lain adalah sbb: Shiddiq, yang berarti jujur. Nabi dan Rasul selalu jujur dalam perkataan dan perilakunya dan mustahil akan berbuat yang sebaliknya, yakni berdusta, munafik, dan yang semisalnya. Amanah, yang berarti dapat dipercaya dalam kata dan perbuatannya. Nabi dan Rasul selalu amanah dalam segala tindakannya, seperti menghakimi, memutuskan perkara, menerima dan menyampaikan wahyu, serta mustahil akan berperilaku yang sebaliknya. Tabligh, yang berarti menyampaikan. Nabi dan Rasul selalu menyampaikan apa saja yang diterimanya dari Allah (wahyu) kepada umat manusia dan mustahil Nabi dan Rasul menyembunyikan wahyu yang diterimanya.  Fathanah, yang berarti cerdas atau pandai. Semua Nabi dan Rasul cerdas dan selalu mampu berfikir jernih sehingga dapat mengatasi semua permasalahan yang dihadapinya.