Unigha

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Jabal Ghafur



Badan Penjaminan Mutu (BJM) Universitas Jabal Ghafur di bentuk pada Tahun 2010 dengan SK Rektor Nomor : 86/S-Kep/XII/2010 dengan Kepalanya Ir. Aidilof, M.P. kemudian pada tanggal 1 Maret 2011 dilanjutkan kembali oleh Ir. Aidilof, M.P sebagai kepala. Sejak berdirinya BJM menjadi badan yang mandiri dan masuk dalam struktur formal Universitas Jabal Ghafur.
Pembentukan secara formal BJM dimaksudkan untuk lebih menjamin pelaksanaan dan keberlajutan pengelolaan penjaminan mutu internal Universitas Jabal Ghafur. Keberlajutan penjaminan mutu internal menjadi perhatian khusus Universitas Jabal Ghafur dalam rangka meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi dan peningkatan pelayanan Tri Darma Perguruan Tinggi. Hal ini dimaksud agar dapat memenuhi Standar Nasioanal Pendidikan Tinggi dan Standar mutu Universitas Jabal Ghafur yang lebih komplek. Pada Tahun 2015 unigha Badan Penjaminan Mutu (BJM) berubah menjadi Lembaga Penjaminan mutu (LPM).

Penjaminan mutu pada  Universitas Jabal Ghafur merupakan suatu kegiatan mandiri dan independen, proses penjaminan mutu ini dirancang, dijalankan, dan dikendalikan sendiri oleh perguruan tinggi melalui lembaga Penjaminan Mutu (LPM). Sebagai langkah strategis dalam proses pelaksanaan pengawasan, pengendalian dan peningkatan mutu pada Universitas Jabal Ghafur maka Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) menyusun dan melaksanakan sejumlah program kerja agar dapat terwujudnya proses penjaminan mutu.  Penyusunan program kerja Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) bertujuan mewujudkan praktik-praktik yang sehat dan efektif  dalam proses Penjaminan Mutu Internaldi Universitas Jabal Ghafur, yaitu untuk mendorong upaya penjaminan mutu secara berkelanjutan. Dengan program kerja ini, LPM dapat bekerja secara efektif dan terukur dalam proses peningkatan mutu.  Program kerja Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) adalah proses penetapan, penyusunan perangkat dan pembenahan dokumen serta hal lainya dalam rangka pemenuhan standar mutu sehingga dapat terciptanya proses pengelolaan mutu pada Universitas Jabal Ghafur secara konsisten dan berkelanjutan,  maka dengan pengelolaan mutu yang baik setiap stakeholdersdan masyarakat dapat memperoleh kepuasan dengan proses pelaksaanan pendidikan tinggi di Universitas Jabal Ghafur.

Adapun Yang Menjadi Visi Dan Misi Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Jabal Ghafur Adalah Sebagai Berikut:

VISI

“Menjamin Peningkatan Mutu Yang Berkelanjutan Dalam Pencapaian

Visi Universitas Jabal Ghafur Pada Tahun 2019”

 

MISI

  1. Meningkatkan Percepatan Perolehan Nilai Akreditasi Minimal B Pada Semua Program Studi  Dan Institusi Pada Tahun 2018.
  2. Mengembangkan Dan Menjalankan Sistem Penjaminan Mutu Internal Yang  Berstandar Nasional.
  3. Melaksanakan Audit Internal Akademik Dan Non Akademik Secara Kontinyu Pada Semua Unit Di Universitas Jabal Ghafur.
  4. Melakukan Perbaikan Secara Terus Menerus Dalam Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal  Pada Universitas Jabal Ghafur.
  5. Memberikan Laporan Hasil Pelaksanaan Audit Dan Merekomendasikan Kepada Ketua Yayasan Dan Rektor Untuk Peningkatan Mutu Yang Berkelanjutan 

Tujuan strategis Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Jabal Ghafur yaitu:

  1. Peningkatan dan penguatan kapasitas serta fungsi Lembaga Penjaminan Mutu  (LPM) dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengembangan dalam pencapaian  visi  Universitas Jabal Ghafur tahun 2019.
  2. Peningkatan kapasitas dan fungsi lembaga penjaminan mutu dalam  penerapan pengelolaan perguruan tinggi berbasis Good University Government
  3. Mewujudkan peningkatan mutu Universitas Jabal Ghafur  dengan mengembangkan dan melaksanakan sistem penjaminan mutu internal yang berstandar nasional  secara berkelanjutan
  4. Melakukan kajian dan analisa dalam pelaksanaan kegiatan bidang akademik dan non akademik  sebagai  landasan  pertimbangan oleh Yayasan dan Rektor dalam mengambil kebijakan  yang relevan di Universitas Jabal Ghafur
  5. Mengawasi dan mengarahkan semua pelaksanaan program kegiatan akademik dan non akademik  pada Universitas Jabal Ghafur sehingga berbasis kearah  peningkatan nilai akreditasi minimal B.