Unigha

Sejarah Universitas Jabal Ghafur 



 

Universitas Jabal Ghafur didirikan pada tahun 1982, dibawah naungan Yayasan Kampus Jabal Ghafur. Kampus yang terletak diatas savana Gle gapui seluas hampir 100 hektar itu terletak dikawasan Kabupaten Pidie, Aceh.

Pada saat ketua BAPPEDA Propinsi Daerah Istimewa Aceh  Prof. Ibrahim Hasan mencanangkan wilayah pembangunan Aceh menjadi kawasan industri untuk pantai utara  timur, dan kawasan pertanian untuk kawasan pantai barat selatan dan pedalaman. Kabupaten pidie berada dalam kancah industri, namun kabupaten Pidie tidak memiliki industri seperti yang ditengah  dikembangkan di kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur. Menyadari hal itu Bupati Pidie saat itu Drs. Nurdin AR berdiskusi dengan tokoh-tokoh masyarakat Pidie, yang mana hasil diskusi tersebut kabupaten pidie harus mempersiapkan tenaga manusia terlatih, tampil dan terdidik, dalam hal ini Pidie harus membangun sebuah lembaga pendidikan.

Untuk menjawab tantangan di atas putra Pidie yang penuh dedikasi serta keikhlasan dengan  semangat rasa peduli akan pendidikan, perubahan, moderensiasi dan anti pembodohan, beliau berhasil mencetuskan dan mendirikan sebuah lembaga pendidikan tinggi formal swasta pertama di Kabupaten Pidie, Drs. Nurdin A.R., bersama beberapa orang tokoh Pidie mendirikan Universitas Jabal Ghafur pada tahun1982. Berbagai tantangan dan rintangan beliau dapatkan, namun dengan perjuangan dan semangat akan perubahan, beliau berhasil mewujudkan salah satu cita – cita mulia beliau untuk menjadikan seluruh anak muda Pidie menjadi pemuda/i yang mempunyai wawasan akademis dan moderen yang dapat bersaing dalam perkembangan IPTEK.

Universitas Jabal Ghafur disingkat “UNIGHA”, adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bernaung di bawah Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur, berkedudukan di Sigli. Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur adalah yayasan yang didirikan di Sigli pada tanggal 9 Desember 1981 dengan Akte Notaris Hajjah Zahara Pohan, Nomor 32, tanggal 9 Desember 1981.

Universitas Jabal Ghafur merupakan pengembangan dari Seko­lah Tinggi Keguruan dan I1mu Pendidikan ( STKIP) yang telah berdiri semenjak tanggal 21 Agustus 1982, sesuai dengan Surat Izin Operasional dari Kopertis Wi1ayah I Nomor : 009/PD/Kop.I/1982, Tanggal 30 Maret 1982 dan menjadi Universitas Jabal Ghafur pada tanggal 21 Agustus 1985 berdasarkan Surat Keterangan Persetujuan Pendirian Sementara Kopertis Wilayah I Nomor : 11l/S.K.PPS/Kop.I/1985, Tanggal 6 April 1985.Upacara peresmian universitas Jabal Ghafur dilakukan oleh Bapak menteri Pemuda dan olahraga Republik Indonesia “Dr. Abdul Ghafur”

Proses pembangunan kampus Jabal Ghafur melalui perjuangan yang sangat panjang, segala daya dan upaya dikerahkan untuk mencari dana baik dari pemerintah, dari masyarakat, serta dari sumber lain yang sah dan halal serta tidak mengikat.

 

Dibawah naungan Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur (YPKJG). Kampus yang berada diatas Bukit Gle Ghapui seluas 100 ha itu terletak di kecamatan  Indrajaya & Mila Kabupaten Pidie, Propinsi Aceh. Universitas Jabal Ghafur sampai dengan  tahun 2017 memiliki 7 fakultas dan 20 program studi yang semuanya sudah terakreditasi, termasuk akreidtasi Universitas.

Dari tahun berdirinya sampai dengan sekarang UNIGHA sudah dipimpin oleh 7 orang Rektor:

  1. Drs. Nurdin AR                                            (1984-1999)
  2. Ir. Muhammmad Djamin Aerubi, MS             (1999-2007)
  3. Ir. Aidilof, MP                                              (2007-2009)
  4. Dr. Hasballah Sa’ad, M.Pd                            (2009-2010)
  5. Drs. Amiruddin, M.Si                                   (2010-2011)
  6. Prof. Dr. BI. Ansari, M.Pd                             (2011-2015)
  7. Drs. Sulaiman Usman, M.Pd                         (2015-2019)

Kini dibawah kepemimpinan Drs. Sulaiman Usman, M.Pd Rektor Universitas Jabal Ghafur periode (2015-2019),  Universitas Jabal Ghafur mulai menatap masa depan dengan tekad pembaharuan dan terus berbenah diri untuk menjadi Center of Excellent dan menjawab tantangan baru menuju masa depan yang bermartabat, mempersiapan generasi muda yang berakhlak mulia serta bertanggung jawab pada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Visi Universitas Jabal Ghafur dibawah kepemimpinanDrs. Sulaiman Usman, M.Pd yaitu di tahun 2019 Universitas Jabal Ghafur menjadi universitas yang populer, mengahasilkan lulusan yang berkualitas, ber-IMTAQ, ber-IPTEKS dan berdaya saing Internasional.

Strategi untuk pencapaian Visi  tersebut dengan cara :

  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas dosen tetap.
  2. Meningkatkan sarana dan prasarana.
  3. Meningkatkan legalitas lembaga dan akreditasi.
  4. Meningkatkan kualitas input, proses dan output.

Sedangkan Misi yang di usung sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas berbasis IMTAQ, dan IPTEKS
  2. Melaksanakan penelitian berbasis aplikasi IPTEKS, yang dapat meningkatkan inovasi pembelajaran.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat berbasis penerapan IPTEKS yang bermanfaat bagi pemerintah dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan manajemen yang sehat, transparansi, independensi, akuntabilitas, responbilitas dan kewajaran/keadilan.
  5. Memupuk dan meningkatkan kerjasama yang terukur dengan Pemda Kab/Kota, Provinsi, instansi terkait lainnya, baik dalam maupun luar negeri.

Adapun sasaran yang diharapkan sebagai berikut :

  1. Peningkatan kualitas lulusan dengan IPK rata-rata ≥ 3,00
  2. Penurunan lama masa studi mahasiswa
  3. Menurunkan tingkat pengganguran lulusan dalam masyarakat
  4. Memperluas jaringan kerjasama dan mempertinggi daya saing lulusan.