Mahasiswa dan Dosen Universitas Jabal Ghafur Mengikuti ON MIPA PT 2019
oleh rahmats, 08 Mei 2019

Pelaksanaan Olimpiade Nasional Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) 2019 yang diikuti oleh 256 finalis dari 83 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta telah selesai dilaksanakan pada Jumat hingga Senin (26-29/04/2019) di Univesitas Muslim Indonesia (UMI). Sebelumnya, para finalis telah mengikuti rangkaian seleksi  tingkat Perguruan Tinggi (PT), dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI).

ON MIPA 2019

Setelah mengikuti tahapan seleksi dua hari berturut-turut sebanyak 80 juara dari empat bidang studi Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia telah diumumkan bertempat di Auditorium Al-Jibra kampus UMI pada Senin (29/04/2019). Seluruh juara terdiri dari tiga peraih medali emas, lima peraih medali perak, tujuh peraih medali perunggu, dan lima peraih Honorable Mention.

Sementara itu setelah mengikuti berbagai lomba Perwakilan Dosen, diwajibkan untuk mengikuti Seminar Nasional dengan tema “ Peran Mipa dalam Menghadapi Industri 5.0 ”.

Yang menjadi Nara sumber yaitu : Nanang Susyanto,S.Si., M.Sc., Ph.D (UGM), Dr. Syamsu Rosid, M.T (UI), Prof. Dr. Purwatiningsih, M.S (IPB), Dr. Ir. Miftahudin, M.Si (IPB), dan sebagai Moderator : Ir. Setyawati Yani, ST, MT, PhD, IPM, AER (UMI). 

ON MIPA 20192 

Kepala Subdirektorat Penalaran dan Kreatifitas, Direktorat Jenderal Pemebelajaran dan Kemahasiswaan, Misbah Fikrianto sebagai Person In Charge (PIC) dalam ajang ini menyampaikan pada sambutannya ucapan terima kasih serta apresiasi yang besar seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kompetisi bergengsi untuk mahasiswa MIPA ini. “Kegiatan ini menjadi bagian dari proses dan tidak ada yang tidak mungkin dengan usaha yang baik dan ridho Tuhan Yang Maha Esa” ujar Misbah.

ON MIPA-PT yang sudah eksis sejak tahun 2009 terus berupaya untuk meningkatkan kualitas kompetisi serta selalu mendorong mahasiswa MIPA untuk semakin terampil dan menguasai bidangnya sehingga akan tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di masa depan. Selain itu, daya saing anak bangsa menjadi semakin terlatih agar di masa depan dapat semakin mengharumkan nama bangsa.

ON MIPA 20193

Laporan : Mirunnisa, S.Pd, M.Pd

Share this :