Seminar Nasional Character Building Road Map To Be The World Class Leader
oleh rahmats, 20 Juni 2019

Pembentukan karakter adalah sebuah upaya yang sangat penting dalam memperbaiki generasi muda dikarenakan setiap tahun semakin meningkat kegiatan negatif yang dilakukan oleh anak muda di negeri ini mulai dari pergaulan bebas, narkoba, pencurian, sampai pembunuhan yang membuat kenyamanan masyarakat hilang dan pengetahuan anak muda dimasa  ini  juga  harus lebih  meningkat.   

Salah satu upaya mengatasi hal yang tersebut diatas dan rasa prihatin terhadap generasi muda khususnya mahasiswa/i Universitas Jabal Ghafur, Dewan   Pimpinan   Wilayah   Wirausaha   Muda Nusantara Aceh  bekerjasama dengan Universitas Jabal Ghafur Sigli - Aceh telah sukses melaksanakan sebuah kegiatan "Seminar Nasional Character Bulding 2019" pada tanggal 16 Juni 2019 di Aula SMP Unggul (Swiss) Sigli Jl.Tibang Raya Blang Galang, Leubeu – Sigli-Kabupaten Pidie.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan "Seminar Nasional Character Bulding 2019" adalah sebagai berikut:

Memandirikan mahasiswa (anak muda) di kabupaten Pidie agar mereka setelah lulus dari perguruan tinggi tidak bingung mencari kerja, melainkan mampu membuka lapangan kerja.

  1. Membangun mental anak muda yang mandiri dan berpengetahuan luas, dimana anak muda bisa memimpin dirinya sendiri dan tentu keluarganya.
  2. Diharapkan, minimal mereka bisa membahagiakan dirinya dan orangtua yang bersusah payah mendidiknya.
  3. Dapat Memanajemen karakter/Perilaku diri dalam keseharian di lingkungan Sehari-hari.
  4. Membangun karakter pemuda dalam menciptakan kebiasan mandiri diusia muda.
  5. Dengan  pendidikan  Character  Building  pemuda menjadi generasi  yang tangguh, cerdas, yang bermartabat, cekatan, cakap, ulet, tegas, mandiri, multi cultural, disiplin, tanggung jawab, jujur membangun bangsa yang maju bermartabat, dan berwibawa,.

 

Seminar ini diikuti oleh mahasiswa/i dan siswa-siswi SMA/MA/SMK sekabupaten Pidie yang berjumlah 650 orang, yang terdiri dari:

- Mahasiswa/i Program Beasiswa Bidikmisi Universitas Jabal Ghafur - Sigli sebanyak 191 orang.

- Mahasiswa/i Program Beasiswa Baitul Mall Universitas Jabal Ghafur - Sigli sebanyak 6 orang.

- Pengurus Organisasi Mahasiswa Universitas Jabal Ghafur - Sigli sebanyak 34 orang.

- Mahasiswa dan Siswa-Siswi SMA/MA/SMK sekabupaten Pidie sebanyak 419 orang.

 

Pemateri dalam Seminar Nasional Character Bulding 2019 ini adalah Syafii Efendi, S.E. Beliau adalah President Of OIC Youth Indonesia, Trainer Dan Motivator Muda No.1Indonesia (versi Majalah Peluang), International Certified Coach, Penulis Buku Best Seller dan Penerima 2 Rekor Dunia MURI.

Materi-mteri yang beliau sampaikan sangat menarik dan mampu memberi motivasi kepada semua peserta, yaitu sekilas tentang MEA (Masyarakat Ekonomi Asia), 10 Langkah Sukses di Usia Muda, bagaimana menjadi siswa/mahasiswa yang mandiri dan berprestasi, bagaimana menjadi juara di dalam kelas, bagaimana menjadi pemenang di dalam kehidupan, pentingnya pendidikan karakter, alasan mengapa pentingnya jiwa kemandirian pemuda Indonesia, bagaimana tampil percaya diri dan bagaimana membuat management time yang baik.

Panitia dari Universitas Jabal Ghafur mencoba untuk mendapatkan tanggapan dari beberapa peserta setelah mengikuti Seminar Nasional Character Bulding 2019. Taggapan mereka adalah sebagai berikut:

- Seminar Nasional Character Bulding 2019 ini sangat  luar biasa

- The best, Membuat kita lebih semangat untuk berjuang.

- Menyenangkan dan mengharukan, seminar yang paling top.

- Sangat bagus, moderatornya sangat ahli dalam memberikan arahan dan motivasi, sangat jarang menemukan seminar seperti ini, dan sangat memuaskan.

- Hebat, luar biasa.

- Cuma satu kata, “wawww amazing”.

- Sangat menarik untuk di ikuti, karena secara umum manfaat seminar adalah untuk menambah pengetahuan kita, membangun paradigma berfikir, membukakan pikiran kita yang tadi masih seluas sungai menjadi seluas lautan.

- Seminar-seminar yang seperti ini (karakter bulding) sangat dibutuhkan oleh siapapun, semakin cepat perkembangan teknologi akan memaksa kita untuk semakin lebih cepat bergerak dalam berbagai hal untuk bersaing, hal ini dilakukan agar kita tidak tertinggal, jadi pastinya kita harus mengenal karakter dari diri masing-masing, dan juga akan sangat banyak manfaat lagi  jika mempunyai mental yang kuat, percaya diri, berani mencoba dan berani gagal pastinya, karena itu yang di butuhkan untuk meraih kesuksesan.

- Sangat menarik, karena dapat menambah wawasan saya dalam hal wirausahaan khususnya, apalagi di era milenial sekarang ini.

- Teruslah berusaha jika gagal, berusaha lagi,  jika gagal lagi berusaha lagi,  jika gagal lagi,  berusaha lagi, jika gagal lagi berusaha lagi, sampai gagal itu lelah dan akhirnya keberhasilan dan kesuksesanlah yang kita dapatkan.

Kita bisa dapat manfaat dan motivasi untuk menjadi generasi muda yang sukses kedepannya.

seminar19_2 seminar19_3

Bapak Wawan Hari Purwanto dari Badan Intelijent Negara (BIN) sedang menyampaikan Materi

 Peserta Seminar Nasional Character Bulding 2019

 

seminar19_4 seminar19_2
Bapak Syafii Efendi, S.E sedang meyampaikan materi                           

 Foto Bersama, Perwakilan Universitas Jabal Ghafur bersama Panitia dan Pemateri

seminar19_5 seminar19_6
Antusias peserta Kegiatan dalam pengawalan  pihak yang berwajib

seminar19_7

seminar19_8

seminar19_9

Share this :