Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Visi

FKIP Universitas Jabal Ghafur dikembangkan menjadi suatu lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang adaptif dan responsive terhadap mutu Pendidikan yang dituntut masyarakat dan komunitas profesi, mampu memberikan keteladanan dalam membangun dan mengembangkan pengetahuan serta dalam memberdayakan komunitas akademik Fakultas sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memenuhi standar nasional kompetensi tenaga kependidikan.

Misi

  1. Mewujudkan tenaga akademik dan administratif Fakultas yang profesional dan berkualifikasi tinggi sesuai dengan spesialisasi disiplin Ilmu serta memiliki komitmen dan dedikasi dalam melaksanakan tugas-tugas perkuliahan, pembimbing akademik, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.
  2. Mewujudkan calon praktisi (tenaga kePendidikan dan administrator) Pendidikan dasar dan menengah yang agamais, berbudaya, berkualitas tinggi dengan berfondasi akademik yang mantap sehingga mampu menguasai berbagai pengetahuan dan teknologi Pendidikan, dan ketrampilan hidup sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuni.
  3. Mendorong staf pengajar untuk meningkatkan frekuensi tugas-tugas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan dengan bersandar pada kualitas dalam rangka meningkatkan bobot akademik staf pengajar dan mendukung peningkatan kualitas kompetensi calon tenaga kependidikan.
  4. Mengembangkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut komunitas akademik Fakultas, budaya bangsa, dan budaya akademik sehingga terwujud komunitas akademik yang beriman dan bertaqwa kapada Allah SWT, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab terhadap kemaslahatan bangsanya.
  5. Menumbuhkan keteladanan melalui penerapan manajemen partisipatif, substansif, serta transparatif dengan melibatkan seluruh komunitas Fakultas, unit-unit pelaksana dan kelompok berkepentingan yang terkait (stakeholders).
  6. Menghasilkan calon tenaga kependidikan untuk semua jenjang dan jenis persekolahan yang memiliki keunggulan kompetitif berdasarkan uji pencapaian standar nasional kompetensi calon tenaga kePendidikan yang ditetapkan dalam rangka memenuhi kebutuhan daerah dan nasional terhadap tenaga kependidikan.
  7. Membina dan maningkatkan kerja sama yang sinergis dengan pengelola Pendidikan tingkat daerah, nasional, regional, dan internasional dalam rangka distribusi penggunaan lulusan dan peningkatan mutu Pendidikan.
  8. Mewujudkan jaringan sistem informasi Pendidikan dalam rangka memberi pelayanan akademik dan administrasi kepada komunitas akademik dan masyarakat luas.
  9. Mewujudkan forum-forum ilmiah dalam rangka mendorong pengembangan budaya akademik, sikap, dan kepribadian calon tenaga kependidikan.
Website Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
 
Dekan Drs. Amirzan, M.Pd
 

Program Studi

Ketua Prodi

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia / S-1

Dra. Nuraiza

 

Program Studi

Ketua Prodi

Pendidikan Bahasa Inggris / S-1

Drs. Anwar hanafiah

 

Program Studi

Ketua Prodi

Pendidikan Biologi / S-1

Drs. Mohammad Gade, M.Pd

 

Program Studi

Ketua Prodi

Pendidikan Fisika / S-1

Drs. Abdul Karim Sabdi

 

Program Studi

Ketua Prodi

Pendidikan Ekonomi / S-1

Drs. Husaini Daud, M.Pd

 

Program Studi

Ketua Prodi

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi / S-1

Drs. Sumarjo, M.Pd

 

Program Studi

Ketua Prodi

Pendidikan Matematika / S-1

Drs. Amiruddin, MM

 

Program Studi

Ketua Prodi

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan / S-1

Musafir, M.Pd

 

Program Studi

Ketua Prodi

Pendidikan Sejarah / S-1

Nurasiah, S.Pd.,M.Pd

 

Program Studi

Ketua Prodi

Pendidikan Bimbingan dan Konseling / S-1

Drs. Bunyamin, M.Pd