PRODI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIGHA GELAR KEGIATAN DOSEN TAMU MENGENAI TPACK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

admin Berita

Sigli, 22 Agustus 2024 – Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Jabal Ghafur (UNIGHA) sukses menggelar kegiatan dosen tamu yang menghadirkan Arghop Kofya Hakiki, M.Pd., dosen dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. Kegiatan ini berlangsung secara virtual melalui platform Zoom, dengan tema “Penerapan TPACK dalam Pembelajaran Fisika.”

unigha
TPACK, atau Technological Pedagogical Content Knowledge, merupakan kerangka kerja yang penting dalam mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan konten pembelajaran. Dalam sesi ini, Arghop Ghofia Hakiki, M.Pd., menjelaskan bagaimana penerapan TPACK dapat meningkatkan efektivitas dan relevansi pembelajaran fisika di era digital.

unigha

unigha

Kegiatan ini terselenggara berkat peran penting Muchsin, M.Pd., yang berperan sebagai perantara narasumber. Muchsin, M.Pd. memastikan kelancaran komunikasi dan koordinasi dengan Arghop Kofya Hakiki, M.Pd., sehingga acara dapat berlangsung dengan sukses.
Ketua Prodi Pendidikan Fisika, Muhammad Saiful, M.Pd., membuka acara dengan menyampaikan apresiasi kepada narasumber dan semua peserta yang hadir. “Kami sangat berterima kasih atas kesediaan Bapak Arghop Kofya Hakiki untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan Prodi Pendidikan Fisika,” ujar Muhammad Saiful, M.Pd.

unigha

unigha
Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen di lingkungan Pendidikan Fisika FKIP UNIGHA, para guru dari Rayon III Kabupaten Pidie, serta mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika. Partisipasi yang tinggi, terutama dari para guru dan mahasiswa, menunjukkan antusiasme yang besar terhadap topik ini. Sesi tanya jawab yang interaktif memberikan ruang bagi para peserta untuk mendalami penerapan TPACK dalam konteks pembelajaran fisika di kelas.

Dengan adanya kegiatan ini, Prodi Pendidikan Fisika FKIP UNIGHA berharap dapat terus mendorong inovasi dalam metode pengajaran dan mempersiapkan lulusan yang kompeten serta siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan yang semakin dinamis.

Penulis : Ulil Azmi