UNIGHA IKUTI FGD IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

admin Berita

unigha

Empat Program Studi Universitas Jabal Ghafur (Unigha) yakni Bimbingan dan Konseling (Zamratul Aini, M.Pd) Pendidikan Ekonomi ( Darmi, S.Pd., M.Pd.), Teknik Informatika (D3) (Cut Lilis, M.T.), dan Ilmu Administrasi Negara (S1) dengan Ketua Prodi Ricky Muliawan Hansyar, M.A.P. menghadiri Focus Group Discussion (FGD) terkait peningkatan kerja sama dan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang diselenggarakan oleh LLDIKTI Wilayah XIII Aceh. Kegiatan ini berlangsung di Hermes Hotel, Banda Aceh, dari tanggal 12 hingga 14 Oktober 2024.
Dalam FGD ini, berbagai materi penting dibahas oleh para narasumber. Dr. Rizal Munadi, ST., MT. memaparkan tentang kebijakan LLDikti dalam implementasi MBKM, yang mencakup kebebasan mahasiswa belajar di luar kampus dan peningkatan kerja sama dengan mitra industri serta pemerintah. Safrina Salim, SKM., M.Kes. membahas integrasi Program Bangga Kencana dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, menyoroti pentingnya sinergi antara program ini dengan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
Selain itu, Dr. T. Alamsyah, SKM., MPH. menyampaikan materi mengenai kerja sama dalam bingkai Kampus Merdeka, sementara Ali Umar, S.Ag., M.Pd. menguraikan strategi pengelolaan kerja sama perguruan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah XIII, dengan fokus pada optimalisasi kolaborasi antara perguruan tinggi dan lembaga eksternal.
Pada acara ini, juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Teuku Umar dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan BKKBN Provinsi Aceh,  Kegiatan ini mjd bagian dari upaya mempererat kerja sama Unigha dengan mitra perguruan tinggi serta pemerintah, khususnya dalam pengembangan akademik dan program-program kolaboratif.
Kolaborasi dengan perguruan tinggi maupun pemerintah diharapkan dapat memperluas cakupan kerja sama, meningkatkan kualitas pendidikan, serta memperkuat kapasitas institusi dalam melaksanakan berbagai program strategis di bidang akademik dan riset.

Penulis : Darmi, S.Pd.,M.Si